PENDAFTARAN OLIMPIADE MATHEMATIC SCIENCE COMPETITION USU 2019: SUDAH DIMULAI !!!

Mathematics Science Competition 2019


Salam Para Bintang..
Terkhusus para pecinta pelajaran matematika di tingkat SMP maupun di tingkat SMA. 
Ada banyak kegiatan olimpiade yang dilaksanakan setiap tahunya di Universitas Sumatera Utara. Saat ini, saya akan memberikan sedikit informasi tentang Mathematics Science Competition (MSC) USU. 
Apakah MSC USU ini ?
MSC adalah salah satu lomba olimpiade matematika yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika Universitas Sumatera Utara beserta bekerjasama dengan Departemen Matematika FMIPA USU. Olimpiade ini khusus memperlombakan pada tingkat SMP dan tingkat SMA.  Pelaksanan kegiatan ini berlangsung  setiao tahun. Banyak peserta yang mengikuti olimpiade MSC ini berasal dari berbagai sekolah yang ada di kota Medan maupun luar kota Medan. 
Acara ini sudah berlangsung sejak tahun 2008 sampai dengan sekarang. 
Di sini saya akan menshare tentang Silabus Olimpiade MSC USU 2019 yang akan segera dilaksanakan. Semoga persiapan kalian lebih baik untuk siap di Olimpiade MSC USU 2019.

 Apakah yang ada di MSC 2019 ini ??
  • Olimpiade Matematika Tingkat SMP dan SMA se-Sumatera Utara
Olimpiade matematika tingkat SMP dan SMA ini sudah menjadi acara tahunan yang di laksanakan di MSC, disini kalian ditantang untuk menjawab 30 soal pilihan ganda, 2 soal esai, dan 1 soal uraian yang ada dalam waktu 120 menit. Gimana sudah terbiasa menjawab soal olimpiade yang ada essaynya. Biasanya mungkin Pilgan y?

Gak masalah kan ?
Slow aja...
Soal soal sudah dirancang sedemikian rupa agar sesuai dengan kurikulum yang adik adik terima saat pembelajaran di sekolah masing-masing, yang pastinya tidak terlalu susah dan tidak gampang.
Istilahnya woooww gitulah...

 Jika ingin mendaftar Olimpiade MSC USU silahkan klik dan daftar disini:  

Pendaftaran Olimpiade MSC USU 2019

 Waktu dan tempat Pelaksanaan Olimpiade MSC USU 2019 :


Sabtu, 2 Maret 2019
Tempat : Auditorium USU, Pkl: 07.00 WIB
 
  • Lomba Doodle Art Tingkat SMP dan SMA se-Sumatera Utara
Bagi siswa/i yang tidak tertarik dengan mengikuti Olimpiade dan pusing menjawab soal-soal Matematika. Mana tahu adik-adik lebih senang dalam hal menggambar? Nah, MSC tahun ini juga mengadakan Lomba Doodle Art khusus untuk adik adik yang suka atau jago menggambar. Tema untuk doodle art kita kali ini adalah SMART (Spirit of Mathematis ART). Silahkan di cari di internet !!
Jika ingin mendaftar Lomba Doodle Art  MSC USU 2019, Silahkan klik dan daftar di sini:
Pendaftaran Doodle Art MSC USU 2019
Waktu dan tempat Pelaksanaan Lomba Doodle MSC USU 2019 :

Sabtu, 2 Maret 2019
Tempat : Auditorium USU, Pkl: 13.00 WIB

  • Pameran Matematika
MSC tahun ini mengadakan Pameran Matematika untuk kalian yang suka barang barang berbau matematika atau hanya sekedar ingin lihat lihat saja. Silahkan datang saja, tidak di pungut biaya (gratis) dan masih banyak lagi yang bisa adik adik dapat di Mathematics Science Competition tahun 2019 ini.



Download Soal Olimpiade MSC USU Tingkat SMA 2018:

Download Soal Olimpiade MSC USU Tingkat SMP 2018:

BerikuT adalah Silabus Olimpiade MSC 2019:
  • Materi Olimpiade Matematika Tingkat SMA
  1. Aljabar terdiri dari: a) Sistem bilangan real; b) Ketidaksamaan; c) Nilai mutlak; d) Suku banyak (polinom); e) Fungsi; f) Sistem koordinat bidang; g) Barisan dan deret; h) Persamaan dan sistem persamaan.
  2. Geometri terdiri dari: a) Hubungan antara garis dan titik; b) Hubungan antara garis dan garis; c) Bangun datar; d) Kesebangunan dan kekongruenan; e) Sifat-sifat segitiga (garis bagi, garis berat, garis tinggi, garis sumbu); f) Dalil menelaus; g) Dalil de ceva; h) Dalil stewart; i) Relasi lingkaran dengan titik; j) Relasi lingkaran dengan garis; k) Relasi lingkaran dengan segitiga; l) Relasi lingkaran dengan segiempat; m) Relasi lingkaran dengan lingkaran; n) Trigonometri. 
  3. Kombinatorika terdiri dari: a) Prinsip pencacahan; b) Prinsip rumah merpati (pigieonhole principle, prinsip dirichlet; c) Prinsip paritas.
  4. Teori bilangan terdiri dari: a) Sistem bilangan bulat; b) Keterbagian; c) FPB dan KPK; d) Bilangan prima; e) Fungsi tangga; f) Teorema dasar aritmetika; g) Persamaan dan sistem persamaan bilangan bulat.

Baca juga: 
Ingin lihat pembahasan soal-soal Ujian Masuk SMA-SMA PLUS dan SOAL Kedinasan, Ujian Masuk PTN , Politeknik, Ujian Nasional : Kunjungi Chanel Youtube:
Jibang Pardamean Hutagaol


dan Silabus Matematika SMP sebagai berikut:


Materi Olimpiade Matematika Tingkat SMP

Adapun materi pokok yang dilombakan pada olimpiade untuk tingkat SMP adalah sebagai berikut:

  1. Bilangan terdiri dari: a) Operasi bilangan bulat dan sifat-sifatnya; b) Sifat-sifat bilangan berpangkat.
  2. Aljabar terdiri dari: a) Pengertian, notasi dan himpunan; b) Relasi dan fungsi; c) Perbandingan senilai dan berbalik nilai; d) Operasi aljabar melibatkan bilangan rasional, bilangan berpangkat, bilangan berbentuk akar; e) Persamaan dan pertidaksamaan; f) Sistem persamaan linear dua peubah; g) Barisan dan deret.
  3. Geometri terdiri dari: a) Garis dan sudut; b) Bangun datar; c) Teorema phythagoras; d) Transformasi; e) Bangun ruang.
  4. Statistika dan peluang
  5. Kapita Selekta yaitu pemecahan masalah kontekstual berkaitan dengan bilangan, aljabar, geometri, statistika dan peluang.
 
Demikian informasi yang dapat saya bagikan, info lebih jelasnya lihat di sini !!! Sampai berjumpa di MSC USU 2019. Semoga sukses dapat juara.
 

No comments

Theme images by mariusFM77. Powered by Blogger.
//